27,32 Juta Orang Indonesia Mudik Pakai Mobil Pribadi

TANGERANG - Sebanyak 27,32 juta orang Indonesia diproyeksikan mudik lebaran 2023 menggunakan kendaraan mobil pribadi.

Jumlah tersebut berdasarkan proyeksi dari Kementerian Perhubungan dalam rangka persiapan mudik lebaran 2023.

Pemudik yang menggunakan mobil pribadi tersebut merupakan sebagian dari total yang diproyeksikan, yakni sebanyak 123,8 juta orang pada lebaran 2023 mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah tersebut mengalami kenaikan 14,2 persen dibandingkan proyeksi pemudik lebaran 2022 yang hanya mencapai 85,5 juta orang.

Menurutnya, hal tersebut berkaitan dengan dihapuskannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) lantaran pandemi Covid-19 dinilai telah melandai seiring dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mulai membaik.

Untuk itu, Menhub bersama pihak-pihak terkait telah saling berkoordinasi guna menyiapkan langkah antisipasi terhadap transportasi yang paling banyak dipakai untuk mudik.

"Melihat potensi pergerakan masyarakat yang begitu tinggi pada masa mudik tahun ini, kami bersama pemangku kepentingan terkait akan menyiapkan langkah-langkah antisipasi. Baik berupa penyiapan sarana prasarana transportasi, aspek keselamatan, manajemen rekayasa lalu lintas, dan kebijakan lainnya agar penyelenggaraan mudik tahun ini dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali," ujar Budi di Jakarta, Senin 6 Maret 2023, lalu. 

Adapun berikut adalah rincian proyeksi transportasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mudik seperti dikutip dari @indonesiabaik.id, Kamis 16 Maret 2023.

Mobil Pribadi: 27,32 juta orang.

Sepeda Motor: 25,13 juta orang.

Bus: 22,7 juta orang.

Kereta Api Antarkota: 14,47 juta orang.

Mobil Sewaan: 9,53 juta orang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama